Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MiniTool Partition Wizard Versi 12.3.0 Gratis Terbaru

Mungkin sebagain orang sudah mengetahui tentang pembuatan partisi pada PC / Laptop dan mungkin saja sebagain bagi orang yang awam sangat asing di pendengarannya.  
Sebenarnya apa itu Partisi pada PC/Laptop?

Dalam PC/Laptop biasanya memiliki Harddisk yang mana Harddisk ini memiliki fungsi utama sebagai media penyimpanan dalam pengoperasian PC/Laptop. Kapasitas yang dimiliki Harddisk biasanya berukuran besar, namun banyak penguna PC/Laptop yang membagi kapasitas harddisk menjadi beberapa bagian, pembagian harddisk inilah yang disebut dengan partisi atau partisi harddisk.

Saat ini terdapat aplikasi yang dapat melakukan pembagian bahkan pembuatan partisi baru, aplikasi ini dikenal dengan nama MiniTool Partition Wizard atau dapat disebut Partion Wizard. Untuk mengetahui lebih jelasnya langsung saja kita bahas apa itu aplikasi Partion Wizard.

MiniTool Partition Wizard

MiniTool Partition Wizard adalah aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat partisi baru, pembagian partisi, menggabungkan partisi, mengatur size partisi dan convert disk GPT ke MBR. Sebelum anda menggunakan aplikasi MiniTool Partition Wizard harus mengetahui apa itu partisi, meskipun di atas saya sudah menjelaskan apa itu partisi, akan tetapi supaya tidak gagal paham saya akan kembali menjelaskan ap itu partisi yang mempunyai satu-kesatuan dengan aplikasi MiniTool Partition Wizard.

Partisi merupakan pembagian memori pada PC/Laptop pada satu wadah dan menjadi beberapa part untuk memberi batasan antara satu part dengan part yang lainnya sehingga HDD, Flashdisk, MicroSD dan SSD menjadi beberapa part penyimpanan. Biasanya dalam PC/Laptop itu mempunyai dua part contohnya seperi Local Disk (C) dan (D) biasanya terdapat juga Local Disk (C) dan (F) atau yang lainnya tergantung dari pembuatan partisi nya di awal menginstall Windows nya mau di jadikan beberapa partisi. Untuk contoh kita gunakan Local Disk (C) dan (D) saja karna biasanya di setiap PC/Laptop itu menggunakan dua part disk ini. 

Ketika anda tidak sengaja memformat Local Disk (D) apakah Local Disk (C) akan hilang jawabannya tentu saja tidak. Kok Bisa!!!! padahal kan Local Disk (C) dan (D) satu HDD. Jawabannya karena dua disk tersebut berbeda keggunaannya yang Local Disk (C) biasanya digunakan untuk menyimpan file file bawaan dari Windows dan Micrsofot serta Aplikasi yang kalian install sendiri dengan PC/Laptop anda, lalu untuk Local Disk (D) itu bisa anda gunakan untuk penyimpanan Document, dan lain-lain nya, karena biasanya penyimpanan pada Local Disk (C) lebih sedikit dibandingkan dengan Local Disk (D).

Mungkin ada yang bertanya-tanya sebenarnya apa keggunaan partisi pada HDD di PC/Laptop? Keggunaan nya adalah ketika anda memiliki 2 part biasanya salah satu atau sebagain system digunakan untuk sistem OS dan yang satunya nya lagi untuk menyimpan file-file external seperti Foto, Musik, Document, Video, Film dan lainnya.

Sebenarnya, fitur partisi seperti ini sudah ada pada Windows 7,8 dan 10, tetapi dengan aplikasi MiniTool Partition Wizard anda dapat mengatur dan membuat partisi dengan lebih mudah lagi. Lalu dengan tampilan interface yang dimiliki oleh aplikasi MiniTool Partition Wizard ini bisa di bilang sederhana serta anda juga dapat:

  • Mengubah ukuran partisi harddisk 
  • Mengcopy partisi 
  • Membuat partisi 
  • Menghapus partisi harddisk
  • Memformat partisi
  • Mengkonversi partisi
  • Mengeksplorasi partisi dan banyak lagi deh pokoknya. 

Selain itu juga aplikasi MiniTool Partition Wizard ini memiliki fitur yang lengkap seperti 

  • Format Partition
  • Delete Partition
  • Move/Resize Partition
  • Extend Partition
  • Merge Partition
  • Split Partition
  • Copy Partition dan masih banyak lagi.

Agar tidak penasaran anda dapat langsung mengunduhnya melalui situs resmi MiniTool Partion Wizard atau anda juga bisa menggunakan link download yang sudah tersedia dibawah.

Itulah pembahasan mengenai aplikasi MiniTool Partition Wizard. Apabila ada saran atau pendapatnya yang ingin disampaikan tentang artikel ini silahkan tuliskan di kolom komentar. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda sekian dan terimakasih.

Judul: MiniTool Partition Wizard 12.3.0
Lisensi: Freeware
Developer: MiniTool Solution Ltd
Sistem Operasi: Windows XP/Vista/7/8/10

Download MiniTool Partition Wizard Free

Posting Komentar untuk "MiniTool Partition Wizard Versi 12.3.0 Gratis Terbaru"