Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Signal Versi 5.31.0 Gratis Terbaru

Signal Gratis words-soft.com

Di era yang serba digital saat ini, terdapat banyak sekali aplikasi messenger bermunculan, selain WhatsApp dan Telegram.

Apakah ada aplikasi messenger lain yang aman saat digunakan?

Sudah pasti ada dong, aplikasi tersebut adalah signal.

Untuk mengetahui lebih jauh tentang signal langsung saja kita bahas....

Pengertian Signal

Signal adalah perangkat lunak yang menggunakan sebuah layanan pengiriman pesan enkripsi lintas platform. Aplikasi signal dikembangkan oleh Signal Tecnology Foundation dan Signal Messenger LLC.

Layanan software signal ini memerlukan jaringan internet untuk melakukan pengiriman pesan dari satu pihak ke pihak lainnya, baik itu berkas, pesan suara, gambar, dan video.

Dikutip dari Wikipedia

Perangkat lunak signal dirilis perdana pada tanggal 29 juli 2014, jika di hitung hingga saat ini sudah 9 tahun silam aplikasi ini berdiri di dunia digital dan bersaing dengan aplikasi - aplikasi pengirim pesan yang lainnya.

Pendiri Aplikasi Signal dan WhatsApp

Pendiri aplikasi signal adalah Brian Acton, beliau lahir pada tahun 1972 di Michigan, Amerika Serikat. Pekerjaan Brian Acton adalah seorang programmer komputer dan pengusaha internet. ia dan dan Jan Koum merupakan pendiri WhatsApp. Saat ini Brian Acton merupakan lulusan dari Universitas Stanford dan sekarang ia mempunyai organisasi bernama Signal Foundation.

Untuk bisa bersaing di dunia messenger yang saat ini, Signal memberikan perhatian untuk meningkatkan keamanannya yang berasal dari protokol open source.

Aplikasi ini juga gratis untuk di download baik itu untuk sistem operasi Android, Mac, dan Windows. Signal tidak memiliki klien Web seperti aplikasi messenger lainnya dan terbatas pada aplikasi desktop. 

Dengan begitu anda tidak dapat mengakses signal melalui web browser seperti aplikasi WhatsApp dan Telegram. Untuk bisa menggunakan aplikasi signal di desktop anda harus mengunduh dan menginstall software signal terlebih dahulu di laptop atau komputer yang anda miliki. 

Meskipun aplikasi signal tersedia untuk platform seperti Windows, macOS dan Linux. Setidaknya anda membutuhkan perangkat 64-bit untuk Windows, macOS dan distribusi Linux 64-bit serta yang sudah mendukung APT, seperti Ubuntu dan Debian.

Apa bedanya Interface desktop dan Smartphone?

Jawabannya tidak ada bedanya bahkan bisa dikatakan sangat mirip sekali dengan aplikasi signal yang berada di smartphone. Meskipun menggunakannya pada perangkat desktop, anda masih tetap bisa melakukan pengiriman pesan suara(audio), melampirkan foto, video, menggunakan stiker, panggilan suara dan panggilan video. 

Jika dilihat dari fitur yang ada di smartphone dan desktop keduanya tidak memiliki masalah apapun saat digunakan di kedua perangkat tersebut. Namun aplikasi signal memiliki perubahan terbesarnya yaitu pada saat kita menggunakan aplikasi signal di desktop kita tidak harus bergantung lagi pada ponsel yang kita miliki, dengan begitu akan memudahkan kita untuk menggunakan software signal yang berada di desktop. 

Lain halnya saat kita menggunakan WhatsApp dan telegram versi desktop kita perlu melakukan sambungan ponsel kita satu kali pada aplikasi yang di desktop, barulah kita bisa menggunakan aplikasi tersebut secara mandiri.

Untuk Rating aplikasi signal sendiri yaitu 4,8. Dan negara yang paling banyak menggunakan aplikasi signal saat ini yaitu Indonesia dan India.

Amankah menggunakan signal??

Jangan khawatir saat menggunakan software signal. meskipun aplikasi ini bisa di katakan belum lama berdar di kancah dunia messenger, software ini tetap aman digunakan sebab saat kita mengirimkan pesan, gambar, file, dan video lalu anda kirim kan ke penerima, semua pesan tersebut akan berubah menjadi kode acak.

Nah kode itulah yang dikirimkan pada server signal. Setelah itu, server akan mengirimkannya kembali kepada penerima pesan tersebut. Dalam artian kunci dari pesan yang dikirimkan pada penerima itu hanya anda dan orang yang akan menerima pesan tersebut. Sehingga pihak dari aplikasi Signal tidak akan mengetahui pesan apa yang akan dikirimkan.

Jika dilihat dari jawaban tersebut admin sih bisa mengatakan aplikasi signal ini aman untuk digunakan. Anda juga tidak perlu takut untuk merasa di awasi oleh Pihak lain.

Apabila penjelasan yang diberikan di artikel ini kurang jelas anda bisa langsung mengunjungi situs resmi signal.org 

Lisensi software signal yaitu, untuk klien menggunakan GPL(General Public License) versi 3 dan untuk Server itu sendiri menggunakan AGPL(Affero General Public License) versi 3. Untuk bahasa pemrograman yang digunakan pada software signal yaitu bahasa C, Swift, dan Objective-C.

Fitur aplikasi Signal

Aplikasi signal juga menawarkan beragam fitur di dalamnya seperti:

  • Pesan tersembunyi
  • keamanan layar dan
  • keamanan perekaman

Dengan adanya semua fitur tersebut membuat aplikasi signal ini mampu bersaing di dunia messenger dan melawan para pendahulu aplikasi pesan singkat, seperti WhatsApp dan Telegram.

Demikian Penjelasan singkat mengenai aplikasi Signal, semoga artikel ini bisa bermanfaat....


Lisensi : Freeware(GNU GPL)

Developer : Signal Tecnology

Sistem Operasi : Windows, macOS, Android 

Download Signal Desktop Windows 

Download Signal macOS

Download Signal Android

Download Signal Iphone dan Ipad

Download Signal Linux(.debian)

Posting Komentar untuk "Download Signal Versi 5.31.0 Gratis Terbaru "