Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Inkscape 1.1.2 Gratis Terbaru

 Inkscape Versi 1.1.2 Gratis Untuk Windows

Jika ditanya oleh seseorang, software apa yang bisa digunakan untuk melakukan edit gambar? 
Sudah pasti jawabannya ada banyak sekali, sebab saat ini terdapat banyak sekali software yang sudah mendukung berbagai cara untuk melakukan edit gambar. akan tetapi biasanya perangkat lunak tersebut tidak tersedia secara gratis melainkan harus membayar agar bisa digunakan.

Namun ada satu perangkat lunak yang bisa melakukan edit gambar dan dapat di Unduh secara gratis. 

Aplikasi apakah yang dimaksud?

Jawabannya adalah Inkscape.... Untuk mengetahui lebih jelasnya langsung saja kita bahas..

Pengertian Inkscape

Inkscape adalah sebuah aplikasi editor gambar yang bersifat bebas atau gratis dan dibawah lisensi GNU GPL. Tujuan utama dari Inkscape adalah menjadi perangkat grafik mutakhir yang memenuhi standar XML, SVG, dan CSS.

 Dikutip dari dari Wikipedia 

Jika menurut saya Inkscape merupakan sebuah perangkat lunak yang bisa digunakan untuk membuat gambar editor dan bebas untuk di unduh atau gratis dengan dibawah naungan dari GNU GPL(General Public License).

Pendiri dari Inkscape sendiri yaitu Bryce Harrington, Ted Gould, MenTaLguY, Nathan Hurst.
Pada tahun 2003 Inkscape baru dirintis sebagai sebuah fork dari proyek sodipodi. Proyek ini sendiri sudah dikembangkan sejak tahun 1999 dan di dasarkan pada Gill (Gnome Illustration Application), hasil karya dari raph levien.

Fork sendiri dipandu oleh sebuah tim yang berjumlah empat orang yang beranggotakan dari mantan pengembang sodipodi. Keempat orang itu sendiri yang saat ini menjadi pendiri Inkscape. Dan sejak dikembangkan dalam fork, inkscape berganti dari yang awalnya menggunakan bahasa pemrograman C kemudian berubah menjadi bahasa pemrograman C++.

Pengembang dari aplikasi ini sendiri adalah The Inkscape Team dan bagi yang ingin mengetahui tentang penyimpanan atau bahan bahan apa saja yang digunakan oleh Inkscape bisa mengunjungi Github.com dengan link Github milik Inkscape yaitu gitlab.com/inkscape/inkscape

Namun jika dirasa kurang lengkap dengan penjelasan yang diberikan di situs web ini teman-teman sekalian bisa langsung mengunjungi situs resminya milik Inkscape yaitu www.inkscape.com

Inkscape dapat beroperasi pada perangkat windows, selain itu software ini bisa berjalan pada sistem operasi macOS dan juga Unix.

  Unix bisa di artikan dengan Linux, sebab kedua sistem ini masih dalam satu lingkup seperti halnya linux yang lain. 

Mengapa bisa di samakan dengan Linux?

Karena awalnya UNIX ini dirancang untuk computer besar seperti Mainframe dan Supercomputer. Dan untuk perbedaan antara Unix dan Linux bisa di lihat dari lisensi nya. Linux bersifat Free sedangkan untuk Unix tidak bersifat Free(Gratis).

Inkscape bisa di download secara gratis, sehingga para pecinta seni digital dapat mendapatkan software ini dari berbagai platform, baik itu dari words-soft.com atau platform yang lainnya. 
Di Inkscape juga kita bisa melakukan donasi(donate) yang nantinya hasil dari donasi itu bisa digunakan untuk mengembangkan kembali software Inkscape.

Fitur-fitur yang berada pada Inkscape

  • Tool yang diberikan lengkap untuk membuat objek dasar seperti pencil tool, pen tool, rectangle tool, polygon tool dan text tool.
  • Dapat melakukan Ekspor dan impor gambar bitmap seperti (png, jpeg, bmp).
  • Menggambar objek khusus, contohnya seperti spiral dan kotak 3 dimensi.
  • Memiliki banyak pilihan warna.
Meskipun secara default program ini sudah dilengkapi panel warna yang dinamakan palette. Pada saat membuka program ini kita bisa melihat terdapat banyak warna yang sering digunakan dan warn nya akan tersusun dari warna yang gelap hingga ke warna yang terang.
  • View dokumen(Melihat Dokumen)

Pada saat ingin melihat dokumen yang kita buat dari software ada yang bisa dilihat tanpa harus membuka perangkat lunak dan ada juga yang harus membuka file tersebut dengan perangkat lunak yang kita buat.

sama halnya dengan software Inkscape, ketika kita membuat dokumen yang dihasilkan kita tidak perlu lagi membuka program aplikasi tersebut. Sebab file dokumen yang di hasilkan dapat langsung di lihat pada browser yang tersedia pada laptop atau komputer kita, baik itu web browser, Google Chrome, Mozilla Firefox, Microsoft Edge dan browser lainnya.

Mungkin saja masih ada yang bertanya tanya, kok bisa file dokumen yang dibuat dari Inkscape bisa di lihat dari Web Browser?

Jawabannya mudah saja, karena file yang dihasilkan ole Inkscape berupa SVG yang memenuhi standar XML.
SVG sendiri merupakan singkatan dari Scable Vector Graphics. Format gambar yang menggunakan XML, SVG sendiri dikembangkan oleh World Wide Web Consortium(W3C) sejak tahun 1999.

Demikian sedikit penjelasan mengenai software Inkscape. Semoga artikel yang saya bagikan ini bisa bermanfaat bagi setiap orang yang membacanya...


Lisensi : Freeware
Developer : INKSCAPE
Sistem Operasi : Windows, macOS, Linux







Posting Komentar untuk "Download Inkscape 1.1.2 Gratis Terbaru"