Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Aplikasi Blender 3D Versi 3.0.1 Gratis Terbaru


Pernah Mendengar Kalimat Blender??

Pastinya pernah dong, tapi blender yang dimaksud pasti alat yang digunakan untuk menghaluskan buah-buahan atau benda yang semacamnya. Namun di artikel kali ini blender yang dimaksud yaitu sebuah perangkat lunak yang dapat membuat animasi 3D.

Untuk itu saya akan memberikan sedikit penjelasan mengenai aplikasi blender ini, baik itu dari pengertian, sejarah, fungsi dan fitur nya. Simak penjelasan selengkapnya dibawah.........

Pengertian aplikasi Blender 3D

Blender adalah aplikasi gratis yang digunakan untuk membuat film, animasi, efek visual, model cetak 3D, aplikasi 3D interaktif, dan permainan Video.

 Dikutip dari Wikipedia 

Sejarah Singkat Aplikasi Blender

Blender Software merupakan aplikasi yang awalnya bergerak dibidang animasi dan dinamakan Blender atau NeoGeo, dengan seiring berjalannya waktu NeoGeo ini semakin berkembang terutama di bagian Benua Eropa yaitu Belanda. 

Pendiri dari Software Blender ini yaitu Ton Roosendaal dan dirilis pada perdana pada tahun 1995. Namun setelah diamati ternyata aplikasi blender memiliki potensi yang cukup besar untuk digunakan oleh kalangan artis-artis di luar negeri tersebut, sehingga Ton Roosendaal menciptakan sebuah perangkat lunak ini menjadi animasi 3D.

Akibat adanya krisis ekonomi di perusahaan tersebut, akhirnya NaN (Not a Number) ditutup. Namun karena ambisi dari sang pendiri tidak ingin aplikasi ini hilang ditelan waktu dan zaman, Toon Roosendaal kembali mendirikan perusahaan bernama blender Foundation. alhasil pada tahun 2002 blender dirilis ulang dengan di bawah naungan GNU(General Public License).

Bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat aplikasi ini menggunakan bahasa C, C++, dan Python. Blender Software Gratis yang sudah kompatibel dengan perangkat seperti Linux, Windows dan Macintosh. 

Aplikasi Pembuat 3D Blender memungkinkan anda untuk memproduksi gambar dan animasi yang berkualitas tinggi dengan menggunakan geometri 3 dimensi.

Beberapa Fungsi yang ada pada aplikasi Blender 3D

Terdapat banyak sekali fungsi dari software Blender yaitu:

  • Fungsi Rotasi
  • Axis( Kordinat System (X,Y,Z)) & Transformation Tools)
  • 3D Transformation
  • Fungsi Extrude (Berguna untuk menghasilkan objek lebih rapi sesuai dengan keinginan kita).
  • Fungsi Pemotongan Objek

Untuk lebih lengkapnya bisa cek di situs resminya dari Blender.org 

Fitur-fitur aplikasi blender 3d

Aplikasi Blender memiliki beberapa fitur yang dapat mendukung kinerja anda sebagai seniman digital. Jadi apabila anda ingin membuat karya berupa 3D dengan aplikasi blender, tentunya sudah dapat langsung membuatnya tanpa perlu adanya bantuan dari aplikasi lain. Sebab software blender saat ini sudah mempunyai fitur-fitur yang dapat memanjakan penggunanya, untuk mengetahui apa saja navigasi dari aplikasi blender berikut daftar-daftar fitur nya:

  • Pemodelan 3D
  • Penteksturan
  • Penyunting gambar
  • Pengulangan
  • Simulasi fluida dan asap
  • Simulasi partikel
  • Animasi
  • Penyunting video
  • Pemahat digital dan perenderan.

Demikian sedikit penjelasan mengenai software blender. Semoga artikel yang saya bagikan ini bisa bermanfaat bagi setiap yang membacanya.


Lisensi : Freeware (Gratis)

Developer : Blender Foundation 

Sistem Operasi : Windows, MacOS/Macintosh, Linux

Download Blender 3D Windows Installer 

Download Blender 3D Windows Portable

Download Blender 3D macOS 

Download Blender 3D Linux








Posting Komentar untuk "Download Aplikasi Blender 3D Versi 3.0.1 Gratis Terbaru"