Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

FreeFileSync11.9 Sinkronasi File Dan Data Untuk Windows Gratis Terbaru

words-soft.com

Sangatlah penting bagi kita semua untuk melakukan sinkronasi file atau data, sebab jika PC atau Laptop kita terjadi masalah kita masih memiliki file yang di sinkronkan tadi. Berbicara soal Sinkronasi dalam artikel kali ini saya kembali berbagi aplikasi yang kemungkinan aplikasi ini dapat menjadi solusi bagi anda sekalian dan Aplikasi tersebut adalah FreeFileSync. Untuk membahasnya lebih jelas dan tanpa basa-basi lagi langsung saja simak selengkapnya di bawah.

Pengertian dan Fungsi Dari FreeFileSync

FreeFileSync  adalah software Freeware(Gratis) yang dapat digunakan untuk perbandingan dan sinkronasi folder atau file yang bersifat open source ( Code dapat di Unduh Secara Gratis). Kemudian aplikasi ini sudah di optimalkan untuk kinerja dan kegunaan tertinggi tanpa adanya antarmuka UI atau (User Interface) yang dibatasi atau dapat dikatakan kelebihan beban.

Dengan FreeFileSync juga memungkinkan anda untuk melakukan sinkronasi atau backup data file antara dua folder(drive). Dan dengan begitu anda dapat memantulkan dua folder tersebut untuk membuat Salinan (Copy) yang sama seperti folder yang berada di sumber aslinya, atau anda dapat melakukan sinkronasi dua arah yang akan mengcopy file baru. Di dalam aplikasi FreeFileSync ini sudah memiliki dukungan Unicode serta dukungan Jaringan dan juga mendukung banyak passangan folder dengan konfigurasi yang berbeda.

Berbicara mengenai sinkronasi mungkin ada yang belum begitu paham apa itu sinkronasi?

Sinkronasi merupakan pengaturan jalannya beberapa proses pada saat bersamaan atau dapat dibilang saling berbagi file/data dengan secara bersamaan. Jika di artikan dalam KBBI sinkronasi dapat dikatan dengan penyerentakan.

Sudah memahami apa itu sinkronasi jika sudah paham kita kembali ke topik bahasaannya yaitu FreeFileSync. Aplkasi atau software FreeFileSync  ini sudah tersedianya dukungan penuh untuk Windows Symbloic Links dan Windows Junction Points. Selain itu, pada aplikasi ini sudah mendukung mode pembaruan yang hanya akan mengcopy(menyalin) file yang telah diubah.

Mungkin ada yang bertanya-tanya apa sih Windows Symbolic Linxs dan Windows Junction Points?

Windows Symbolic Links adalah Link Simbolik atau dapat disebut Symlink merupakan sebuah folder khusus yang mengacu ke folder yang lainnya. Sedangkan Windows Junction Points dapat disebut NTFS Junction Points merupakan Junction yang hanya dapat berupa direktori.

Setelah pemabahasan di atas saatnya masuk ke fitur utama dari FreeFileSync dan berikut fitur yang dimilikinya.

Fitur Utama FreeFileSync

  • Dapat melakukan Deteksi file yang di pindahkan dan diganti namanya.
  • Dapat melakukan Copy(salin) file terkunci menggunakan Windows Volume Shadiw Copy Service (Khusus Windows).
  • Adanya Dukungan untuk beberapa pasangan folder dengan konfigurasi yang berbeda.
  • Dapat melakukan pembandingan file berdassarkan tanggal dan menyinkronkan.
  • Dapat membuat pekerjaan batch untuk sinkronasi otomatis tanpa GUI.
  • Kemudian Kinerja yang dioptimalkan dikodekan dalam C++ seutuhnya. Dan masih banyak lagi yang lainnya dan tidak dapat disebutkan sepenuhnya.

Itulah pembahasan mengenai aplikasi FreeFileSync serta fitur yang dimilikinya. Apabila ada saran yang berkaitan dengan FreeFileSync silahkan tuliskan di kolom komentar. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membantu terimakasih.

Judul    : FreeFileSync 11.9
Lisensi    : Freeware
Developer    : FreeFileSync
Sistem Operasi    : Windows/Linux/macOS

Download FreeFileSync Windows

Download FreeFileSync macOS

Download FreeFileSync Linux

Download FreeFileSync Source

Download FreeFileSync All OS

Posting Komentar untuk "FreeFileSync11.9 Sinkronasi File Dan Data Untuk Windows Gratis Terbaru "