Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CrystalDiskMark Version 8.0.1 Untuk Windows Gratis Terbaru

words-soft.com

Pada dasarnya teknologi itu sangatlah cepat perkembangannya sehingga saat ini terdapat banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk melakukan pengecekan Harddisk(HDD) atau bahkan Solid State Drive(SSD). Sehingga ketika anda melakukan pengecekan tidak lagi secara manual melainkan secara otomatis dan bahkan lebih cepat, untuk aplikasi yang dapat digunakan untuk melakukan pengecekan tersebut yaitu CrystalDiskMark. Agar lebih jelas mengenai fungsi aplikasi ini langsung saja simak penjelasannya dibawah.

Pengertian CrystalDiskMark

CrystalDiskMark adalah program atau aplikasi pihak ketika yang mampu melakukan benchmarking HDD atau SDD. Lalu apa itu Benchmarking?

Benchmarking merupakan sebuah pengukuran dari kualitas kebijakan organisasi, program, strategi dan ha yang lainnya untuk memberikan wawasan yang dibutuhkan untuk membantu manajamen dalam memahami proses serta produknya baik dengan cara melakukan perbandingan dengan industri serupa ataupun industri yang berbeda.

Sebenarnya SSD sama seperti HDD. Hanya saja SSD tidak tersimpan  pada lapisan-lapisan magnetik seperti layaknya HDD. Tetapi SSD akan menyimpan semua data pada chip-chip memori flash yang saling terhubung dengan satu sama lain, dan untuk fungsi dari keduanya sama-sama sebagai media penyimpanan akan tetapi SSD dinilai memiliki kecepata yang lebih cepat dibandingkan dengan HDD dan pada saat ini pengguna PC/Laptop sudah banyak yang berlaih ke SSD.

Kemudian aplikasi CrystalDiskMark ini dapat digunakan untuk mengecek memori Harddisk/SSD (Memory Speed Test) maupun memori eksternal seperti Harddisk eksternal, Flashdisk (Flashdisk Speed Test) dan bahkan kartu seperti Micro SD (Micro SD Speed Test). Lalu untuk cara kerja dari aplikasi CrystalDiskMark ini hampir sama dengan kebanyakan software atau aplikasi Memory Benchmarking yaitu melakukan pengetesan membaca (Read)  dan menulis (Write) pada memori yang akan di  test dengan cara berulang atau 1 kali dan semua itu tergantung dari para penggunanya ingin melakukan pengetesan yang secara berkali-kali ataukah hanya satu kali.

Dengan menggunakan aplikasi CrystalDiskMark anda juga dapat mengatur batasan dan ukuran file yang akan di tes dan untuk pengetasannya bisa ditentukan oleh penggunanya minimal 1 kali percobaan lalu untuk minimal ukuran file 50MB. Kemudian tahapan pengetesan dapat dipilih secara sequintel, random 512KB, random 4KB depth 1, random 4KB depth 32 dan semua test (benchmark). Dan untuk melakukan pengujian tertulis dan membaca terdapat tiga tes secara terpisah yang dilakukan: 

  • Membaca file kecil
  • Membaca file besar
  • Menulis file

Lalu untuk hasil akhir akan dihitung secara rata-rata dari tiga sub-tes yang dilakukan tersebut dan hasil akhirnya diukung dalam MB/s.

Jadi aplikasi ini dapat anda manfaatkan apbila sewaku-waktu SSD atau HDD pada PC/Laptop bermasalah dan anda juga tak perlu membawanya ke sebuah tempat service terlebih dahulu, kecuali SSD atau HDD anda sudah mengalami masalah yang serius.

Jika anda berniat ingin mengunduh aplikasi CrystalDiskMark ini, silahkan anda mengunjungis situs resmi dari Crystaldisk ini atau anda dapat mengunduhnya melalui link download yang sudah tersedia dibawah.

Demikian penjelasan mengenai CrystalDiskMark cukup sampai disini, apabila anda mempunyai pendapat tentang artikel yang admin buat silahkan tuliskan di kolom komentar yang sudah tertera dibawah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda sekian dan terimakasih

Judul: CrystalDiskMark 8.0.1
Lisensi: Freeware
Developer: hiyohiyo
Sistem Operasi: Windows XP/Vista/7/8/10

Download CrystalDiskMark Installer

Download CrystalDiskMark Portable

Posting Komentar untuk "CrystalDiskMark Version 8.0.1 Untuk Windows Gratis Terbaru"