Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wireshark Versi 3.6.3 Software Jaringan Gratis Terbaru

Wireshark gratis

Apa itu menganalisa protokol jaringan?

Nah,  untuk mengetahui lebih lengkapnya nya words-soft akan membahas mengenai aplikasi yang dapat menganalisa protokol jaringan terkemuka dan aplikasi ini dikenal dengan nama Wireshark yang mana aplikasi ini dapat membantu anda untuk mengatasi masalah terhadap jaringan, analisis dan pengembangan software.

Agar lebih jelasnya langsung saja kita bahas , pasalnya aplikasi ini sering digunakan untuk keperluan hacking bagi para pemula sehingga aplikasi ini menjadi pembelokan fungsi yang seharusnya dimanfaatkan untuk keperluan penting tentang jaringan tetapi malah dimanfaatkan sebagai alat bantu untuk merugikan orang lain. 

Pengertian Wireshark

Wireshark adalah software atau program yang dapat digunakan untuk menganalisa protokol jaringan. 

Aplikasi ini memiliki network packet analyzer atau dapat disebut dengan protocol analysis tool/packet sniffer dan biasanya packet ini digunakan untuk menangani permasalahan terhadap jaringan, analisis dan pengembangan software. 

Software/program ini dapat merekam semua paket yang lewat serta menyeleksi dan menampilkan data tersebut secara rinci mungkin, contohnya seperti komentar di blog, YouTube, dan bahkan username dan password anda.

Maka dari itu aplikasi Wireshark ini sering kali digunakan bagi para hacker pemula karena dapat melakukan hal semacam itu dan pada dasarnya aplikasi ini tidak dibuat untuk melakukan hacking dan tentunya sangat tidak di peruntukan untuk melakukan hal semacam itu. 

Aplikasi Wireshark ini sebenarnya di utamakan untuk Administrator Jaringan dan biasanya para administrator menggunakan aplikasi ini untuk melacak apa yang terjadi di dalam jaringan miliknya atau untuk memastikan apakah jaringannya bekerja dengan baik atau ada yang melakukan hal kurang baik terhadap jaringan miliknya.

Pada awal mulanya aplikasi ini dikenal sebagai Ethereal karena dapat menampilkan data dari ribuan protokol yang berbeda di semua jenis jaringan. Wireshark juga sudah mendukung berbagai format file hasil pencarian (capture/trace). Terdapat sebuah alat decrypt terintegrasi dalam aplikasi ini yang mana dengan menampilkan paket encrypt untuk beberapa protokol umum, seperti WEP dan WPA/WPA2 serta beberapa encrypt keamanan yang lainnya.

Sebenarnya diluar sana terdapat berbagai macam aplikasi yang dapat melakukan hal serupa seperti aplikasi Wireshark ini dan mengapa aplikasi ini yang paling banyak digunakan??

Karena GUI(Graphical Interface) yaang dimiliki aplikasi Wireshark ini sangat nyaman dan tidak membosankan, terlebih lagi software ini bersifat Open Source. Sehingga anda dapat menggunduh source nya secara gratis. 

Aplikasi ini juga menggunakan protocol di layer application HTTP,FTP,TELNET,SMTP,DNS, sehingga memudahkan anda untuk melakukan monitoring jaringan yang ada.

Selain itu pada aplikasi Wireshark ini menyediakan fitur -fitur yang memudahkan para pengguna jaringan, dan berikut di antaranya:

Fitur terbaru Wireshark

  • Dapat melakukan capture data dari jaringan(Network) ke interface
  • Memiliki fitur untuk menampilkan informasi secara rinci
  • Dapat membuka dan menyimpan paket data yang disimpan dalam aplikasi Wireshark
  • Dapat mengimport dan export data dari hasil capture.
  • User dapat mensaring paket data sesuai dengan filter yang diinginkan
  • Dapat mencari(Search) paket data yang sesuai dengan filter.
  • Dapat menampilkan hasil statistik nya ke layar anda sehingga anda mengetahui grafik dari jaringan anda, apakah baik-baik saja atau bermasalah dari grafik tersebut.

Demikian penjelasan mengenai aplikasi Wireshark. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda sekian dan terima kasih.

Note: Bagi yang ingin download softwareWireshark ini silahkan anda mengunjungi situs resmi milik Wireshark Foundation 

Download Wireshark Terbaru

Title : Wireshark 3.6.3
Lisensi : Freeware
Developer : Wireshark Foundation
Sistem Operasi : Windows XP, Vista, 7, 8, 10

Download Installer 64-bit

Download Installer 32-bit

Download Portable 64-bit

Download Portable 32-bit

Posting Komentar untuk "Wireshark Versi 3.6.3 Software Jaringan Gratis Terbaru"