Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

phpMyAdmin Versi 5.1.3 Stable Gratis Terbaru

words-soft.com

Perkembangan teknologi sangatlah pesat, sehingga terdapat banyak pakar IT yang bermunculan dan mungkin bagi para pakar IT tentang database itu sangatlah umum tetapi bagi orang awam tentunya hanya memahami luarnya saja yaitu data data yang dimiliki oleh Ponsel, PC/Laptop. 

Untuk kali ini admin akan membahas sedikit yang tau mengenai pemrograman database menggunakan sebuah aplikasi yang dapat menangani database administrasi MYSQL, nah untuk MYSQL ini dapat digunakan di aplikasi phpMyAdmin dan terminal.

Penjelasan Singkat phpMyAdmin

phpMyAdmin adalah aplikasi database gratis yang ditulis dalam bahasa pemrograman dan memiliki GUI yang nyaman, aplikasi ini dapat diakses melalui jaringan, baik itu lokal maupun internet data/Wi-Fi. PhpMyAdmin ini mendukung berbagai operasi MYSQL, diantaranya: 

(mengelola basis data, tabel-tabel, bidang (fields), relasi (relations), indeks, pengguna (users), perizinan (permissions), dan lain-lain. Sebenarnya untuk MYSQL itu sendiri memiliki kepanjangan dari (My Structured Query Language).

Agar dapat mengakses MYSQL ini anda harus menginstall aplikasi pihak ketiga yang bernama Xampp sehingga anda dapat menggunakan phpMyAdmin dan bagi yang belum mempunyai Aplikasi Xampp Anda dapat menginstallnya disini

Mungkin bagi orang yang awam apalagi yang sedang dimasa tahap belajar dan belum terbiasa dengan phpMyadmin pasti akan merasa kesulitan untuk mengaksesnya maka dari itu admin akan memberikan beberapa tahap dasarnya agar dapat menggunakan phpMyadmin ini dan berikut merupakan cara mengaksesnya melalui Xampp:

Pertama anda mengintsall terlebih dahulu Xampp jika sudah melakukan instalasi aplikasi Xampp anda dapat langsung membuka aplikasi Xampp tersebut anda dapat melihat tampilan Xampp nya dibawah.

Tampilan Xampp 1

Untuk proses yang kedua setelah anda membuka aplikasinya anda dapat mengeklik start dengan database yang bertuliskan MySQL dan Apache hinga muncul tulisan berwarna biru di bawah yang menandakan bahwa MySQL dan Apache nya sudah aktif dan berikut gambar Tampilan Xampp 2.


Tampilan Xampp 2


Jika semua sudah mengaktifkan semua anda dapat mengakses PhpMyAdmin nya langsung dengan megeklik Admin pada Apache atau anda membuka browser yang selalu anda gunakan lalu ketikan localhost/phpmyadmin/. Maka akan secara otomatis diarahkan ke dalam PhpMyAdmin nya.

Tampilan Setelah Mengeklik Admin Apache di Xampp

Apabila sudah muncul tampilan seperti itu anda langsung saja mengeklik tulisan yang diberi tanda panah berwarna merah atau yang bertuliskan phpMyAdmin. Kemudian setelah itu akan langsung ditampilkan GUI(graphical User Interface) phpMyAdmin. 

Jika anda menuilskan langsung di browser dengan tulisan localhost/phpmyadmin/. maka secara otomatis langsung diarahkan menuju phpMyAdminya dan berikut tampilan pada phpMyAdmin.


Tampilan phpMyAdmin

Selain itu juga anda bisa menggunakan melalui terminal dari windows yaitu CMD(Command Prompt) atau Linux dan cara mengaksesnya pun hampir serupa dengan melalui browser tetapi dengan menggunakan CMD menjadi lebih simple berikut cara-caranya menggunakan phpMyAdmin melalui CMD Windows:
  • Pertama anda harus mengetahui letak penyimpanan Xampp anda berada di direktori C atau D pada laptop/Komputer anda. Namun bedanya mengakses melalui CMD Windows dan browser anda cukup mengaktifkan MySQL nya saja tidak perlu megaktifkan Apachenya.
  • Lalu langkah yang kedua anda mengaksesnya dengan menggunakan perintah cd.. atau D: sesuikan dengan penyimpanan Xampp anda.
  • Setelah itu pada langkah yang ketiga anda dapat menuliskan perintah xampp\mysql\bin\mysql -u root  atau xampp\mysql\bin\mysql -u root -p lalu klik ENTER. Jika sudah mengetikan perintah tersebut maka akan secara otomatis anda masuk dalam phpMyAdmin.Dan untuk membuktikannya anda dapat mengetikan Perintah Show databases; apakah dapat diakses atau tidak.

Berikut merupkan perintah perintah yang sesuai(command line) untuk setiap maksud tertentu serta macam-macam perintah dalam MYSQL

  1. Data Definition Language(DDL), Dalam DDL ini terdapat 3 perintah penting yaitu, CREATE,ALTER,DROP. Untuk menggunakan perintah CREATE berarti kita membuat sebuah database Contoh Cara kerja nya: CREATE DATABASE nama_database; Dan untuk ALTER berfungsi untuk mengubah struktur tables database yang dibuat, Contoh Cara kerjanya: ALTER TABLE nama_tabel ADD nama_kolom datatype; nah untuk DROP berfungsi untuk menghapus tabel atau database Contoh Cara kerjanya: DROP DATABASE nama_database;
  2. Data Manipulasi Language(DML), Dalam DML memiliki 4 perintah penting yaitu INSERT, UPDATE,SELECT dan DELETE, Untuk menggunakan perintah INSERT berarti harus memasukan, arti dari INSERT itu ,kalau dalam bahasa inggris IN itu berarti masuk, maka dari itu INSERT berarti masukan sebuah data baru. Untuk cara kerja INSERT Contohnya: INSERT INTO nama_tabel VALUES (data1, data2, dst…); , Nah untuk perintah SELECT berarti mengambil dan menampilkan tabel database. Contoh cara kerjanya: SELECT nama_kolom1, nama_kolom2 FROM nama_tabel; Untuk perintah UPDATE berarti berfungsi untuk memperarui data atau tabel, contoh cara kerja nya: UPDATE nama_tabel SET kolom1=data1, kolom2=data2,… WHERE kolom=data; Lalu untuk DELETE berarti digunakan untuk menghapus data atau tabel, dan untuk Contoh Cara kerjanya: 
Sebenarnya masih banyak lagi peintah - perintah untuk mengakses MYSQL itu, Anda dapat belajar melalui YouTube dan sebagainya. phpMyAdmin juga memiliki berbagai macam Fitur yang ada di dalamnya, dan berikut adalah beberapa fitur - fitur nya:

Fitur PHPMyAdmin

  • Memiliki Desain antara muka nya user-friendly (dapat dengan mudah digunakan user)
  • Meng-Support semua fungsi MySQL seperti browse, drop, create, copy & alter database, table, view, field & index, eksekusi query MySQL
  • Dapat Meng-Import data dari CSV dan file SQL
  • Selain Import tentunya dapat Export data ke berbagai macam format : CSV, SQL, XML, PDF, word, excel, dan lainnya

Demikian penjelasan mengenai phpMyAdmin. Apabaila ada pendapat yang ingin disampaikan silahkan anda tuliskan di kolom komentar dibawah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat sekian dan terimakasih.



Lisensi : Freeware
Developer : SourceForge
Sistem Operasi : Windows XP, Vista, 7, 8, 10



Posting Komentar untuk "phpMyAdmin Versi 5.1.3 Stable Gratis Terbaru"